Let's explore the world

Follow us

3 Ruang Baca Buku Terbaik di Bandung

Kopi Toko Djawa Bandung

3 Ruang Baca Buku Terbaik di Bandung

Hello, guys!

Kalian pernah nggak sih, ngerasa frustasi karena tiap kali mau nyari kafe yang cozy buat baca buku di Bandung, dapetnya malah kafe ala-ala Instagramable yang cuma cakep desainnya doang. Apalagi kalau kafe itu rame, makanannya nggak enak, terus ada banyak orang berisik ngobrol keras-keras sambil foto sana-sini. Rasanya nggak betah mau nongkrong!

Buatku yang semakin tua semakin introvert ini, aku justru nyari kafe yang nyaman buat menyepi dan bersemedi.. Ahay. Ya, soalnya tinggal di kota segede Jakarta yang dikelilingi 18 juta orang tiap hari, dengan kerjaan yang mengharuskan ketemu sama orang baru terus, rasanya capek aja kalau masih harus menghadapi keramaian di akhir pekan. Aku cuma ingin baca buku atau buka laptop, dengerin lagu-lagu Yiruma sambil menulis.

Nah, karena itulah, aku paham kalau mencari tempat baca buku terbaik di Bandung itu susah setengah mati. Ini dia 3 rekomendasi yang aku temukan sejauh ini:

1. Kineruku

Kineruku adalah tempat baca buku terbaik yang pernah aku kunjungi di Bandung, hands down! Kineruku ini populer banget di kalangan anak Unpar. Dulu waktu masih kuliah, tempatnya masih kecil dan sunyi banget. Terus semenjak viral di Instagram, jadi banyak banget yang berkunjung cuma buat foto ala-ala gitu. Karena dianggap mengganggu orang yang lagi baca, sekarang kita nggak boleh foto-foto lagi di dalamnya, apalagi foto-foto narsis atau OOTD-an.

Buatku, ini yang bikin Kineruku beda dari tempat lain. Mereka bener-bener toko buku independen dan tempat baca yang mau mengakomodir orang-orang untuk diskusi dan baca buku dengan serius. Taman belakangnya yang adem dan rimbun bikin mata seketika langsung seger lagi. Suasanya pun sepi banget, kayaknya pengunjung yang ke Kineruku emang udah tahu kalau nggak boleh berisik. Makanya, jadi betah buat duduk berlama-lama sampai sore di sini. Pilihan koleksi bukunya? Beuh, jangan ditanya. Mulai dari buku filsafat, cerita wayang, buku desain interior dan arsitektur, novel fiksi, sampai buku klasik, semuanya ada. Kita boleh pinjem dan baca di tempat, gratis. 

Kita juga bisa pesen makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau banget, mulai dari Rp 15 ribuan saja. Selain berjualan buku-buku, Kineruku juga menyediakan souvenir lucu-lucu kayak kaos, kartu pos, dsb. Kalau kalian tertarik buat mampir, please banget, belilah sesuatu – mau itu cemilan, minuman, ataupun buku-buku mereka. We need more independent bookstores like this. Kalau mereka tutup, sedih rasanya.

2. Kiputih Satu

Aduh, maaf ya sebelumnya, rekomendasinya di deket-deket Ciumbuleuit semua huhuy. Tapi udara Ciumbuleuit yang seger memang jadi salah satu faktor kenapa Kiputih Satu cozy banget dipakai jadi tempat baca buku di Bandung. Ruangannya luas, tamannya hijau, dan makanannya juga enak banget. Kalau ke Kiputih Satu pagi-pagi, kita bisa dengerin suara burung cicit cuit. Adem lah pokoknya, bikin males balik Jakarta. Boro-boro denger suara burung, yang ada pagi-pagi udah ada orang yang teriak “Pakeett..” di depan rumah.

Kiputih Satu juga berjualan vinyl record dan roti homemade yang sedap. Pastinya nggak bikin kelaparan sambil kita baca buku atau nugas. Oh ya, di sini juga nggak boleh ngerokok sama sekali (yeeey!).

Baca di sini ulasan Kiputih Satu yang lebih lengkap

3. Kopi Toko Djawa

Kopi Toko Djawa ini salah satu kedai yang lagi hits banget di Jalan Braga. Kalau pas weekend, rame banget orang dateng ke sini. Jadi, kalau mau baca buku dengan tenang, disarankan untuk datang di hari Senin-Jumat aja. Suasananya udah mendukung banget. Kalian bisa nikmatin es kopi susu awan yang manis, foamy, lembut, ditemani sama jurnal, makalah, atau buku favorit kalian. Tempatnya terbagi menjadi dua, tapi sama-sama cozy kok. Ada juga area penjualan souvenir lokal, mulai dari anting-anting sampe baju indie. 

Nah, itu dia 3 tempat baca buku terbaik di Bandung yang bisa kalian kunjungi kalau lagi butuh refreshing atau butuh konsentrasi penuh buat mengerjakan tugas kuliah. Semoga bisa membantu perenungan dan menenangkan pergolakan batin. Pokoknya, tempat-tempat ini asyik banget deh untuk menghabiskan waktu sendirian buat ngelamun atau me time. Selamat berburu ruang baca!

Tags:
, ,
Falencia Naoenz
falenciabiru@gmail.com
No Comments

Post A Comment